Kartu Inventaris Barang (KIB) dan Kartu Inventaris Ruangan (KIR) Sekolah

Kartu Inventaris Barang (KIB) dan Kartu Inventaris Ruangan (KIR) Sekolah ini merupakan salah satu administrasi dalam Inventarisir Barang disekolah selain Buku Inventaris. Format ini ditujukan untuk perangkat sekolah yang menangani sarana prasarana sekolah baik itu PKS maupaun TU urusan Sarpras. Kartu Inventari Barang adalah format administrasi yang digunakan untuk pendaftaran dan pencatatan barang-barang yang menjadi inventaris suatu lembaga.

Format Kartu Inventaris Barang ini terdiri dari KIB A-F dan 1 Format KIR yang dapat anda download secara gratis. Dalam lembaga pendidikan yang notabene dibaiayai oleh pemerintah dari mulai operasional sampai gedung dan barang sekolah, yang implikasinya adalah pertanggungjawaban baik dalam pengadministrasian maupun pemeliharaan. Untuk itu dibutuhkan perangkat atau administrasi inventaris barang kantor/ sekolah yang lengkap dan benar.

Kartu Inventaris Barang Kantor/ Sekolah

Kartu Inventaris Ruangan (KIR)
  1. Kartu Inventaris Barang (KIB) A Tanah,
  2. Kartu Inventaris Barang (KIB) B Peralatan dan Mesin,
  3. Kartu Inventaris Barang (KIB) C Gedung dan Bangunan,
  4. Kartu Inventaris Barang (KIB) D Jalan, Irigasi, dan Jaringan,
  5. Kartu Inventaris Barang (KIB) E Aset Tetap Lainnya,
  6. Kartu Inventaris Barang (KIB) F Kostruksi dalam Pengerjaan,
  7. Kartu Inventaris Ruangan (KIR)
Download Contoh Kartu Inventaris Barang Sekolah/ Kantor (KIB) A-F+KIR

Menurut penjelasan Permendagri No.1 tahun 2008 disimpulkan bahwa yang dimaksud denan pembukuan adalah proses pencatatan barang milik daerah  kedalam daftar barang pengguna dan kedalam kartu inventaris barang serta dalam  daftar barang milk daerah. Pengguna/kuasa pengguna barang wajib melakukan pendaftaran dan pencatatan barang milik daerah ke dalam Daftar Barang Pengguna (DBP)/Daftar Barang Kuasa Pengguna (DBKP). Pengguna/kuasa pengguna barang dalam melakukan pendaftaran dan pencatatan harus sesuai denga format :

Diharapkan dengan Kartu Inventaris Barang (KIB) dan Kartu Inventaris Ruangan (KIR) Kantor ini dapat membantu anda dalam membenahi administrasi disekolah anda. Kritik dan saran sangat saya tunggu demi perbaikan blog ini dimasa yang akan datang. Dapatkan file penting lainnya, khususnya yang berhubungan dengan Administrasi Tata Usaha Sekolah baik PAUD/TK, SD/ Mi, SMP/ MTs, SMA/ SMK/ MA. Cari file yang anda butuhkan dengan mengetiknya dikotak pencarian atau melalui daftar menu dan label yang tersedia. Cari file yang anda inginkan melalui kotak pencarian dibagain kanan atas blog ini atau melalui menu yang tersedia.

0 Response to "Kartu Inventaris Barang (KIB) dan Kartu Inventaris Ruangan (KIR) Sekolah"

Posting Komentar